Amalan Di Lailatul Qadar

Posted on 23 Juli 2014 oleh


Syaikh Abdul Aziz Ath-Tharafi berkata dalam salah satu ceramah ilmiahnya:

Termasuk amalan yg paling afdhol dan mudah adalah dzikir, terutama pada waktu malam Ramadhan karena kemudahan melaksanakannya. Seandainya bertepatan dengan lailatul qodar maka diharapkan baginya mendapatkan pahala kelipatan puluhan ribu kali.

Dan dzikir yg paling utama adalah kalimat tauhid dengan lafadz ini:

لا اله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير

Dalam shahihain dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam: “Barangsiapa mengucapkannya 100 x maka baginya seperti membebaskan 10 hamba sahaya”.

Seandainya seorang hamba mengucapkannya setiap malam di 10 akhir Ramadhan dan bertepatan dgn lailatul qodar dan kami kenakan keutamaan lailatul qodar dalam kelipatan pahala, niscaya dia seperti membebaskan 300.000 hamba sahaya.

Dan balasan dari membebaskan satu hamba sahaya adalah dibebaskan (oleh Allah) dari neraka, sebagaimana disebutkan dalam shahihain bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa membebaskan seorang hamba sahaya muslim maka Allah akan membebaskan dengan setiap anggota tubuh hamba sahaya tersebut anggita tubuhnya dari neraka”

Keutamaan yg mengagumkan dan betapa lalai manusia dari mengerjakan amalan semacam ini terutama di malam-malam yg luar biasa (10 malam terakhir Ramadhan).

Semoga kita selalu mendapatkan taufiq dari Allah Ta’ala. Semoga bermanfaat. Wallaahu a’lam.

Posted in: Hadits