Pembuka Dalam Berdo’a

Posted on 23 September 2014 oleh


Doa dari Kitab Bulughul Marom Penulis Al Hafizh Ibnu Hajar Al ‘Asqolani, terjemahan hal 756 cetakan Pustaka Imam Adz Dzhahabi.

Ust Yazid bin Abdul Qadir Jawas Hafidzohullah pada kajian di Masjid Imam Ahmad Bin Hambal Bogor, menganjurkan agar kita hafal akan do’a ini, dan dibaca diawal do’a-do’a kita (sebagai pembuka dalam berdo’a):

Dari Buraidah dia berkata, Nabi shalallahu’alaihi wasallam pernah mendengar seseorang berdoa,

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِأَنِّيْ أَشْهَدُ أَنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ لَاإِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، الْأَحَدُالصَّمَدُ، الَّذِيْ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ، وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu karena aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Yang Maha Esa, yang kepada-Mu bergantung segala sesuatu, yang tidak beranak dan tidak pula diperanakan dan tidak ada sesuatupun yang setara dengan-Nya”

Lalu kata beliau shalallahu’alaihi wassallam. ‘Sungguh dia telah meminta kepada. Allah dengan menggunakan namanya-Nya yang apabila Allah diminta dengan nama itu, Dia akan memberi dan apabila berdoa dengannya Dia akan mengabulkannya’.

(Hadist diriwayatkan oleh Abu Dawud 1493 dlm kitab ‘Ash Shalaah bab Ad Du’aa’, At Tirmidzi 3475 dlm Kitab ‘Ad Da’awaat’ Abu Isa mengatakan Hadist ini hasan Gahrib, Ibnu Majah 3857 dlm kitab ‘Ad Du’aa bab Ismullah Al A’zham’, Ibnu Hibban 2383 Mawaarid dan dishahihkan oleh Al Abani dlm Shahih Ibnu Majah 3125. Lihat Sifatush Shalaah 1341 dan Shahih Mawaariduzh Zham’aan 2022)

Posted in: Artikel, Hadits